Persiapan Rute KCJB, Wilayah Ciroyom - Gede Bage Bakal Dibenahi

Jumat, 11 Februari 2022 – 20:45 WIB
Persiapan Rute KCJB, Wilayah Ciroyom - Gede Bage Bakal Dibenahi - JPNN.com Jabar
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam diskusi Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bandung Tammi Lasmini di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jum'at (11/2). (Foto: Diskominfo Kota Bandung)

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Rute Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) bakal segera diaktifkan. Ciroyom menjadi salah satu titik lokasi jalur KCJB yang menjadi fokus pembenahan. 

Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi menuturkan, jika KCJB sudah difungsikan, maka setiap 10-15 menit sekali, kereta akan sering melintas di daerah Ciroyom. 

Padahal, secara geografis, daerah Ciroyom termasuk titik yang padat lalu lintas. 

"Ciroyom itu medannya menurun. Kalau durasi kereta yang lewat akan sesering itu, bisa menyebabkan banyak dampak negatif. Rencananya kami akan membangun flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) tahun depan," kata Harno dalam keterangan resminya, Jum'at (11/2).

Harno menambahkan, permasalahan di Ciroyom bukan hanya dari faktor medan saja, tetapi juga termasuk daerah rawan banjir. Padahal, kereta api cepat sangat riskan jika melalui titik banjir. 

"Untuk menangani permasalahan ini, kami juga berencana untuk membuat drainase dengan mencari titik sungai terdekat sebagai tempat pembuangan air berlebih," tuturnya.

Menurutnya, dua proyek pembenahan KCJB ini akan didiskusikan lebih matang lagi. Hal itu dilakukan demi memberikan solusi terbaik untuk pengguna kereta api, serta masyarakat sekitar yang sehari-harinya menggunakan lajur lalu lintas.

"Jangan sampai kereta apinya lancar, tetapi jalan menuju stasiun kereta apinya terhambat. Kami juga tidak mau kalau masyarakat jadi terganggu oleh KCJB yang lalu lalang. Belum lagi kereta api biasa yang juga melintas," jelasnya. 

Seiring dengan akan difungsikannya jalur kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB, wilayah Ciroyom - Gedebage bakal dibenahi. Ini alasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News