Lewat Festival Pencak Silat, Pemkab Bogor Komitmen Jaga Eksistensi Silat Cimande

Senin, 20 Juni 2022 – 14:55 WIB
Lewat Festival Pencak Silat, Pemkab Bogor Komitmen Jaga Eksistensi Silat Cimande - JPNN.com Jabar
Gelaran Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor tahun 2022, di Metland Mall, Cibubur, Cileungsi. Foto : Diskominfo Kabupaten Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Demi mempertahankan eksistensi dan kelestarian silat Cimande, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor, di Metland Mall, Cibubur, Cileungsi.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki sejarah lahirnya beladiri silat salah satu yang tertua di Indonesia.

Dia menerangkan, Silat Cimande lahir pada abad ke-17 dan menjadi cikal bakal pencak silat di Jawa Barat.

“Tentu kami bangga, Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah yang mempunyai sejarah dari abad ke -17, yakni Silat Cimande,” ujarnya, dikutip Senin (20/6).

Iwan menyebut, Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor adalah salah satu upaya dari Pemkab Bogor untuk lebih mengenalkan Silat Cimande kepada masyarakat.

“Karena kami ingin silat itu tidak lagi identik di perkampungan untuk acara hajatan, maka kami memperkenalkan silat ini di mal,” jelasnya.

Untuk menggugah antusias masyarakat, tentu pemerintah dan pihak terkait harus memberikan informasi secara utuh tentang silat, mulai dari sejarahnya hingga prestasi-prestasinya.

“Maka kami akan gaungkan hal ini ini sebagai daerah asal seni Pencak Silat di Jawa Barat,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar Festival Pencak Silat sebagai bentuk mempertahankan eksistensi dan memperkenalkan Silat Cimande kepada masyarakat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News