257 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Terjadi di Kota Depok di Sepanjang 2022

Senin, 13 Februari 2023 – 12:20 WIB
257 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Terjadi di Kota Depok di Sepanjang 2022 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi kekerasan terhadap perempuan. Foto/ilustrasi: arsip jpnn.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) terus berupaya menekan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Depok.

Kepala DP3AP2KB, Nessi Annisa Handari mengatakan upaya yang dilakukan mulai dari edukasi hingga sosialisasi stop kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Selain itu, kami juga melakukan upaya penanganan dan pendampingan terhadap korban yang mengalami kekerasan,” ucap Nessi, dikutip Senin (13/2).

Dirinya juga menerangkan berdasarkan data dari UPTD PPA Kota Depok, bahwa pada 2020 ada 203 korban kekerasan perempuan dan anak yang ditangani oleh Pemkot Depok.

“Sedangkan pada 2021 terdapat 206 kasus dan pada 2022 sebanyak 257 kasus,” jelasnya.

Dalam penanganan kasus kekerasan, UPTD PPA DP3AP2KB bekerja sama dengan dengan perangkat daerah lainnya, yakni Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Disdukcapil dan koordinasi secara intensif dengan lembaga penegak hukum yaitu Polres Metro Depok, Kejaksaaan Negeri Depok dan Pengadilan Negeri Depok.

Nessi menyebut peningkatan jumlah kasus pada 2022 merupakan salah satu hasil gencarnya upaya sosialsasi yang telah dilakukan.

“Sehingga masyarakat yang melihat, mengetahui, ataupun mengalami kekerasan berani melaporkannya,” tuturnya.

Selama 2022 terdapat 257 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Depok, Nessi sebut peningkatan jumlah tersebut karena gencarnya sosialisasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News