Soal Temuan Kokaina Seberat 179 Kg di Selat Sunda, BNN: Ini Modus Baru

Kamis, 12 Mei 2022 – 19:25 WIB
Soal Temuan Kokaina Seberat 179 Kg di Selat Sunda, BNN: Ini Modus Baru - JPNN.com Jabar
Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Petrus Reinhard Golose. ANTARA/Putu Indah Savitri

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose menyatakan temuan kokaina seberat 179 kilogram di perairan Selat Sunda Bakauheni-Merak, merupakan modus baru yang sedang dipelajari bersama pihak-pihat terkait di sejumlah negara Amerika Selatan sebagai negara asal narkotika itu.

"Ini adalah modus baru. Kami masih pelajari dan saya juga akan mengembangkannya bekerja sama dengan Amerika Selatan termasuk dari Argentina, Panama, Ekuador, juga tempat-tempat lain di Amerika Selatan," kata Petrus, saat ditemui usai acara Paskah sekaligus halalbihalal di Balai Besar Rehabilitasi BNN di Lido, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5).

Petrus menyampaikan sebelum ada temuan oleh TNI AL, BNN telah mulai membangun hubungan dengan sejumlah pihak di Amerika Selatan mengenai peredaran kokain melalui Deputi Penindakan BNN.

Kokaina, kata Petrus, merupakan narkotika asal Amerika Selatan sehingga komunikasi dengan pemerintah dan aparat di sana juga perlu dilakukan.

Dia menerangkan dalam penemuan empat benda ilegal terbungkus plastik berisi 179 kilogram kokain yang dirilis TNI AL di Koarmada 1, Jakarta, Senin (9/5), investigasinya akan dilaksanakan secara ilmiah untuk membuktikan asalnya.

Aparat sampai saat ini belum mendapatkan saksi atau kurir atas temuan barang terlarang itu.

"Kalau kokain itu pasti berasal dari Amerika Selatan, tetapi itu harus dibuktikan dari hasil investigasi secara saintifik," ujarnya.

Petrus menyampaikan barang bukti tersebut akan diserahkan pihak TNI AL kepada BNN untuk kepentingan penelitian kokain di laboratorium.

BNN menyebut temuan kokaina seberat 179 kilogram di Selat Sunda, merupakan modus baru yang sedang dipelajari BNN bersama sejumlah negara Amerika Selatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News