Waspada, Takjil Berformalin Hantui Warga Depok

Rabu, 27 April 2022 – 17:50 WIB
Waspada, Takjil Berformalin Hantui Warga Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi takjil untuk berbuka puasa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok bersama Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) menemukan takjil yang mengandung formalin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati menerangkan, beberapa waktu lalu pihaknya bersama POM melakukan pemeriksaan sampel takjil di Jalan Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC).

“Ada 22 makanan yang kami jadikan sebagai sampel untuk dilakukan pemeriksaan. Dari 22 sampel tersebut ditemukan ada enam makanan yang positif mengandung formalin,” ucapnya saat dihubungi JPNN.com, Rabu (27/4).

Dirinya menerangkan enam jenis makanan yang ditemukan mengandung formalin tersebut seperti, mie kuning basah, tahu putih, dan tahu cokelat.

“Itu merupakan jenis makanan yang dibeli di pasar trandisional. Berdasarkan informasi, jenis makanan tersebut dibeli dari Pasar Kemiri, Pasar Pucung, Pasar Cikema, hingga Paasar Cibinong,” terangnya.

Setelah temuan itu pihaknya akan melakukan upaya pencegahan.

“Kami akan meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap tempat pengelolaan pangan (TPP) melalui inspeksi kesehatan lingkungan,” jelasnya.

Selain itu, Mary juga akan melakukan peningkatan pengetahuan terkait keamanan pangan dengan penyuluhan hygiene sanitasi pangan dan pelatihan hygiene sanitasi pangan pada TPP di Kota Depok, yang juga termasuk dalam program Kelas Pelatihan Pangan Aman Online Kota Depok.

Dinas Kesehatan Kota Depok bersama Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM), menemukan takjil yang mengandung formalin di sejumlah lapak pedagang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News