Polresta Bogor Kota Bongkar Kasus Pungli di Pasar Tumpah Jalan Merdeka

Selasa, 17 September 2024 – 18:30 WIB
Polresta Bogor Kota Bongkar Kasus Pungli di Pasar Tumpah Jalan Merdeka - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pungutan liar (pungli). Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Polresta Bogor Kota membongkar premanisme dan pungutan liar (pungli) yang terjadi di pasar tumpah Jalan Merdeka, Kelurahan Ciwaringin yang belakangan viral dan dianggap meresahkan warga sekitar.

Kasat Reserse Kriminal Polresta Bogor Kota, AKP Aji Riznaldi Nugroho menjelaskan pihaknya telah melakukan penyelidikan di pasar tumpah tersebut.

"Dari hasil lidik, besaran pungli para pedagang menyerahkan uang setiap hari di kisaran Rp80 ribu sampai dengan Rp100 ribu," ungkap Aji, Selasa (17/9).

Ia mengungkapkan dua orang berinisial J dan E dikenal sebagai preman pasar dan orang-orang gabungan beberapa organisasi masyarakat (ormas) mengatas namakan dirinya Paguyuban Gebrak.

"Dua orang tersebut kini menjadi target operasi, bersama kelompok," ucapnya.

Ormas-ormas tersebut, kata Aji, diketahui berasal dari Kabupaten Bogor, bahkan ada pula oknum dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor juga melakukan pungli untuk kebersihan.

"Sasaran pungli yaitu pedagang pasar yang berjualan di trotoar dan bahu jalan atau pedagang kaki lima. Menurut informasi, berjumlah 340 pedagang yang sebagian besar berasal dari Kabupaten Bogor," ujarnya.

Aji menyebut cara pungli dilakukan dengan mengutip langsung kepada para pedagang. Kutipan itu dilakukan lebih dari tiga kali dengan orang yang berbeda pada pukul 03.00 hingga 06.00 WIB.

Polresta Bogor Kota membongkar premanisme dan pungutan liar (pungli) yang terjadi di pasar tumpah Jalan Merdeka, Kelurahan Ciwaringin.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News