Kriminolog: Tim Prabu Jangan Cuma Patroli Keliling dan Bubarkan Kerumunan Saja

Jumat, 26 Mei 2023 – 15:15 WIB
Kriminolog: Tim Prabu Jangan Cuma Patroli Keliling dan Bubarkan Kerumunan Saja - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Polisi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dalam beberapa pekan terakhir, marak terjadi aksi kejahatan oleh segerombolan bermotor yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Bandung.

Dari beberapa kasus, ada yang pelakunya berhasil tertangkap tapi ada juga yang masih berkeliaran.

Merespons kejadian ini, Kriminolog Universitas Islam Bandung (Unisba) Nandang Sambas mengatakan, peran Tim Prabu sangat penting untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan, khususnya di malam hari.

Namun, Tim Prabu pun tidak bisa bekerja sendiri, perlu ada koordinasi dan kolaborasi dengan petugas keamanan setempat.

Nandang menilai saat ini kehadiran Tim Prabu pasca diaktifkan lagi masih belum terlihat dampaknya.

“Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi, tidak bisa juga secara langsung dikaitkan walaupun tujuan utamanya diaktifkan kembali Tim Prabu itu meredam atau mengurangi tingkat kerawanan ya,” kata Nandang dihubungi, Jumat (26/5).

Kata Nandang, selama ini yang dilihatnya adalah Tim Prabu hanya patroli keliling kemudian membubarkan kerumunan massa saja.

Motif seperti itu, menurutnya, sudah tidak efektif dalam mencegah tindak kejahatan. Ketika Tim Prabu membubarkan kerumunan, bisa saja sedang terjadi aksi kejahatan lain seperti pembegalan dan penjambretan.

Kriminolog Unisba Nandang Sambas merespons kehadiran Tim Prabu yang dinilai belum efektif dalam menjaga keamanan dan kondusifitas di Kota Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News