Orang Tua Murid SD Pondok Cina 1 Depok Gugat Wali Kota Idris ke PTUN Bandung

Selasa, 02 Mei 2023 – 18:00 WIB
Orang Tua Murid SD Pondok Cina 1 Depok Gugat Wali Kota Idris ke PTUN Bandung - JPNN.com Jabar
Koordinator Tim Advokasi SD Pocin 1 Francine Widjojo ditemui di PTUN Bandung seusai melayangkan gugatan kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris, Selasa(2/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sejumlah orang tua murid SD Negeri Pondok Cina 1 Depok resmi melayangkan gugatan kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris, ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung pada Selasa (2/5).

Gugatan itu dilayangkan terkait upaya penggusuran terhadap sekolah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Adapun gugatan dilayangkan setelah surat keberatan atas rencana penggusuran yang diajukan ke Idris dan surat banding administratif kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sama sekali tak digubris.

“Kami dari orang tua murid mengajukan gugatan ke PTUN Bandung atas upaya pemusnahan SD Pondok Cina 1 yang waktu itu dilakukan di tanggal 11 Desember 2022,” kata Koordinator Tim Advokasi SD Pocin 1 Francine Widjojo ditemui di PTUN Bandung, Jalan Diponegoro.

Ia menjealaskan, duduk perkara ini dimulai pada Juli 2022 saat Idris menyetujui pembangunan masjid raya di Depok yang akan dibangun di lahan SD Negeri Pocin 1.

Sejak awal, Ia menilai rencana tersebut sudah menyalahi aturan karena masjid raya semestinya dibangun di ibukota provinsi sesuai aturan Dirjen Binmas Islam.

Berdasarkan persetujuan dari Idris, Pemkot Depok kemudian menyetujui rencana penggusuran bangunan sekolah pada Novembeer 2022 yang dilanjutkan dengan eksekusi oleh ratusan anggota Satpol PP.

“Dilanjutkan upaya (pemusnahan) dengan menghadirkan ratusan Satpol PP dan petugas lainnya dari Pemkot Depok untuk melakukan upaya penggusuran di 11 Desember 2022,” ucapnya.

Orang tua murid SD Negeri Pocin 1 Depok resmi melayangkan gugatan terhadap Wali Kota Depok Mohammad Idris ke PTUN Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News