Begini Pembelaan Ridwan Kamil Soal Pemecatan Guru di Cirebon

Rabu, 15 Maret 2023 – 16:22 WIB
Begini Pembelaan Ridwan Kamil Soal Pemecatan Guru di Cirebon - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara ihwal pemecatan seorang guru SMK di Cirebon gegara mengkritik di media sosial.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, orang nomor satu di Jabar itu menyampaikan bahwa pemecatan bukan dilakukan atas rekomendasinya.

“Menyikapi hadirnya berita bahwa ada guru SMK diberhentikan oleh yayasannya karena mengkritik saya, yang membuat saya juga kaget, dengan ini saya disampaikan klarifikasi,” katanya dikutip dari Instagram, Rabu (15/3).

Menurutnya, sebagai seorang pemimpin dirinya harus terbuka terhadap segala kritik yang datang kepadanya.

Selama ini, dalam merespons kritik tersebut, eks Wali Kota Bandung itu berdalih melakukannya secara bijaksana.

“Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja,” ujarnya.

Katanya, sanksi pemecatan diberikan langsung oleh pihak yayasan sekolah tempat guru tersebut mengajar.

“Mungki karena yang melakukan posting kasar adalah seorang guru, yang postingannya mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik institusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan,” jelasnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil buka suara ihwal pemecatan seorang guru di Cirebon yang dipecat setelah menyampaikan kritik kepada dirinya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News