Ono Surono: Program Petani Milenial Gagasan Ridwan Kamil Gagal!

Senin, 13 Maret 2023 – 14:16 WIB
Ono Surono: Program Petani Milenial Gagasan Ridwan Kamil Gagal! - JPNN.com Jabar
Ono Surono: Program Petani Milenial Gagasan Ridwan Kamil Gagal!. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono menyebut program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai gagal. Pasalnya, keberhasilan Program Petani Milenial hanya 30 persen.

Kata Ono, bukan karena konsepnya yang salah, tetapi pelaksanaannya jauh dari konsep awal.

Selain itu, lanjut Ono, terdapat sejumlah permasalahan yang tidak diindahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Di antaranya tanah yang disediakan hanya 0,2 ha dan belum ada irigasinya, permodalan yang tidak dikelola langsung oleh petani, off taker yang menghilang dan pendampingan dari penyuluh yang tidak berjalan.

"Program Petani Milenial akhirnya hanya fokus dihilirisasi yang ujungnya juga tidak berjalan dengan baik, dibuktikan dengan sepinya outlet produk Program Petani Milenial," ucap Ono dalam keterangan yang diterima JPNN.com, dikutip Senin (12/3).

Lebih lanjut, Ono mengatakan, Pemprov Jabar tidak menyiapkan program pada sektor hulu pertanian. Padahal, persamalah tersebut menjadi dasar pertanian.

Bahkan, Ketua DPD PDIP Jabar ini juga menduga, Pemprov Jabar hanya mengandalkan program dari Kementerian Pertanian.

Sehingga, kata dia, semua kebutuhan untuk menjalankan program itu hanya bersumber dari hutang pada Bank BJB, yang mengakibatkan bengkaknya biaya produksi

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono menyebut program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai gagal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News