Imbas Even Motor Trail, Kawasan Wisata Ranca Upas Ditutup Sementara

Sabtu, 11 Maret 2023 – 16:15 WIB
Imbas Even Motor Trail, Kawasan Wisata Ranca Upas Ditutup Sementara - JPNN.com Jabar
Tangkapan layar video kerusakan lahan di Rancaupas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (ANTARA/Tiktok/mang_uprit_mangprang79)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - PT Perhutani Alam Wisata untuk sementara waktu menutup kawasan wisata alam Ranca Upas yang terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Penutupan ini imbas event motor trail yang merusak sejumlah lahan termasuk tanaman bunga rawa yang tumbuh di sana.

Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Barat Banten Asep Dedi Mulyadi menuturkan, pascakejadian pihaknya melakukan sejumlah langkah untuk memulihkan kondisi kawasan Ranca Upas yang rusak.

Langkah tersebut merupakan respon Perhutani atas banyaknya desakan dan kecaman dari masyarakat dan pegiat pecinta alam Jabar, salah satunya dari Aliansi Pecinta Alam Jawa Barat.

Alinasi Pecinta Alam Jawa Barat mendesak Perhutani melakukan rehabilitasi kawasan Ranca Upas itu.

Kata Ade, pihaknya sudah mulai melakukan pemulihan kerusakan sejak Rabu (8/3).

"Pada Rabu tanggal 8 Maret 2023 bersama-sama dengan anggota Kopetasi Edelweis yang merupakan mitra usaha di lokasi wisata Ranca Upas dan pegiat lingkungan setempat, telah melakukan penanaman kembali tanaman Bunga Rawa untuk memulihkan ekosistem pasca kerusakan tersebut," kata Asep dalam keterangannya, Sabtu (11/3).

Selain itu, untuk mempercepat upaya pemulihan lingkungan pascakerusakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan gerakan rehabilitasi.

Kawasan wisata alam Ranca Upas ditutup sementara oleh Perhutani imbas lahan yang rusak gegara event motor trail.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News