Jokowi Ungkap Ratusan Triliun Devisa Negara Hilang Akibat Hal Ini

Senin, 06 Maret 2023 – 10:30 WIB
Jokowi Ungkap Ratusan Triliun Devisa Negara Hilang Akibat Hal Ini - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo saat meresmikan RS Mayapada, Jalan Terusan Buah Batu, Kota Bandung, Senin (6/3). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa hampir dua juta masyarakat di Indonesia masih pergi ke luar negeri untuk berobat di rumah sakit bertaraf internasional.

Hal itu disampaikan Presiden saat meresmikan Rumah Sakit (RS) Mayapada di Jalan Terusan Buah Batu, Kota Bandung, Senin (6/3).

Dihadapan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara Praktikno, Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan seluruh jajaran direksi Mayapada Hospital Bandung, Jokowi menyampaikan sejumlah permasalahan di bidang kesehatan Indonesia.

“Saya tadi baru saja masuk ke RS ini Mayapada Hospital Bandung. Apa yang saya lihat, semuanya ruangannya, alkesnya (alat kesehatannya), tata ruangannya, sangat sangat sangat bagus,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengapresiasi kecanggihan teknologi kesehatan yang dipakai RS Mayapada Bandung. Dengan begitu, diharapkan masyarakat Indonesia tak lagi harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pengobatan modern.

“Karena informasi yang saya terima hampir 2 juta masyarakat kita itu masih pergi berobat ke luar negeri apabila sakit,” tuturnya.

Adapun rinciannya adalah, 1 juta masyarakat Indonesia pergi ke negeri tetangga seperti Malaysia, dan 750.000 ke negeri Singapura demi berobat.

“Sisanya ya pergi ke Jepang, Denmark, Amerika, dan lain-lain. Padahal kami memiliki RS seperti ini,” ucapnya.

Akibat masyarakat yang memilih luar negeri untuk berobat, Jokowi mengungkapkan bahwa Indonesia kehilangan hampir Rp 165 triliun devisa negara.

Presiden Jokowi mengungkapkan Indonesia kehilangan Rp 165 triliun devisa negara gegara masyarakat yang memilih berobat ke luar negeri, seperti Malaysia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News