Banjir Karawang Rendam 19.813 Rumah Warga

Minggu, 05 Maret 2023 – 13:13 WIB
Banjir Karawang Rendam 19.813 Rumah Warga - JPNN.com Jabar
Tumpukan sampah di aliran sungai wilayah Karawang. (ANTARA/HO-Pemkab Karawang)

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang menurunkan beberapa alat berat untuk mengatasi tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai di Desa Rawagempol Kulon hingga mengakibatkan banjir di daerah tersebut.

"Alat berat segera turun untuk membersihkan sampah di Desa Rawagempol Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan. Tujuannya agar air bisa mengalir dengan lancar, sehingga tidak meluap menggenangi rumah-rumah warga," kata Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Minggu (5/3).

Ia memutuskan untuk menurunkan alat berat setelah mendapat laporan kalau banjir di Desa Rawagempol Kulon itu terjadi akibat aliran sungai yang tersumbat oleh pipa Pertamina yang melintang di atas sungai.

Air sungai di daerah itu juga meluap karena cukup banyak tumpukan sampah.

Laporan itu diterima saat bupati menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Dusun Astina, Desa Rawagempol Kulon, Kecamatan Cilamaya Wetan.

Sementara itu, sesuai dengan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, pada awal pekan lalu, banjir di Karawang telah merendam 19.813 unit rumah yang tersebar di 28 titik di Karawang.

Selain itu, bencana banjir itu juga merendam 20 sarana pendidikan, 34 tempat ibadah dan ribuan hektare areal persawahan.

Namun, kini dilaporkan kalau sebagian besar lokasi banjir sudah mulai surut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang kerahkan alat berat untuk membersihkan sampah di aliran sungai demi mencegah banjir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News