Waspada! Sejumlah Daerah Ini Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Banjir Rob

Minggu, 26 Februari 2023 – 12:55 WIB
Waspada! Sejumlah Daerah Ini Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Banjir Rob - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebut berdasarkan monitor perkembangan kondisi cuaca terdapat potensi signifikan dinamika atmosfer, khususnya di Kabupaten Sukabumi yang masuk dalam kriteria siaga.

Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Indra Gustari menjelaskan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan, salah satunya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia.

“Berdasarkan platform informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG, beberapa wilayah di Jawa Barat berada pada kriteria siaga. Untuk 26 Ferbuari yakni Kebupaten Sukabumi, yang meliputi Surade, Jampang Kulon, Cibitung dan Tegal Buleud,” ucap Indra Gustari, dikutip Minggu (26/2).

Sementara itu, dirinya menjelaskan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) pada 26 Februari hingga 1 Maret 2023, berpotensi terjadi di beberapa Pesisir utara Jawa Barat yakni pesisir Cirebon.

“Di pesisir selatan berpotensi banjir rob pada 24 hingga 26 Februari 2023, khususnya di pesisir Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran,” tuturnya.

Sedangkan potensi hujan lebat hingga sangat lebat periode tanggal 24 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023 perlu diwaspadai di wilayah berikut ini:

26 Februari: Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten dan Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

27 Februari: Kabupaten Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Cianjur, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Kuningan.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di Jawa Barat ini bakal dilanda cuaca ekstrem hingga banjir rob. Berikut ini perincian wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News