Waspada Bencana Saat Musim Hujan, Pemkab Cianjur Minta Warga Siaga

Selasa, 07 Februari 2023 – 19:54 WIB
Waspada Bencana Saat Musim Hujan, Pemkab Cianjur Minta Warga Siaga - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bencana hidrometeorologi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur meminta warganya untuk waspada dan siaga. Pasalnya, puncak musim hujan dapat menyebabkan bencana alam, di antaranya puting beliung dan pohon tumbang.

Wakil Bupati Cianjur T.B. Mulyana Syachrudin mengatakan, selama satu pekan terakhir hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang, sedangkan puting beliung merusak puluhan rumah dan tenda pengungsian warga di sejumlah desa di Cianjur.

"Memasuki puncak musim penghujan yang diprediksi BMKG akan terjadi di pertengahan bulan Februari harus diwaspadai warga yang tinggal di wilayah rawan bencana alam, seperti banjir, longsor dan rawan pohon tumbang mulai dari wilayah utara sampai selatan," katanya di Cianjur, Selasa (7/2).

Pemkab Cianjur sudah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur menyiagakan seluruh Relawan Tangguh Bencana (Retana) di masing-masing kecamatan untuk jeli membaca tanda alam akan terjadi bencana.

Pihaknya juga mengimbau pelaku pariwisata, terutama wisata air, di sejumlah wilayah tidak mengizinkan wisatawan mendekati bibir pantai atau lokasi air terjun ketika hujan turun deras disertai angin kencang.

"Kami juga meminta pelaku pariwisata untuk mengingatkan wisatawan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon yang rawan tumbang serta tidak bermain air di pinggir pantai karena gelombang tinggi masih terjadi di pantai selatan Cianjur," katanya.

Mulyana menambahkan, tercatat selama satu pekan terakhir dua kejadian pohon tumbang dilaporkan BPBD Cianjur, setelah hujan turun deras disertai angin kencang melanda sebagian besar wilayah Cianjur. Akibat kejadian itu, dua rumah rusak berat dan puluhan tenda rusak tersapu angin. (ant/jpnn)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur meminta warganya untuk waspada dan siaga. Pasalnya, puncak musim hujan dapat menyebabkan bencana alam.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News