Pasokan Beras ke Pasar Johar Karawang Berkurang

Kamis, 02 Februari 2023 – 18:30 WIB
Pasokan Beras ke Pasar Johar Karawang Berkurang - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pedagang beras. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pasokan beras ke Pasar Johar Kabupaten Karawang berkurang selama beberapa hari terakhir karena belum memasuki masa panen padi.

Ketua Paguyuban Pedagang Beras Pasar Johar, Sri Narbito menyampaikan kalau saat ini pasokan beras ke Pasar Johar masih sedikit.

"Minimnya suplai beras ke Pasar Johar itu sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir," katanya, Kamis (2/2).

Kemungkinan besar kondisi itu terjadi karena Karawang belum panen. Jadi, beras dari Karawang sangat sedikit yang masuk ke pasar.

Dalam kondisi normal, pasokan beras ke Pasar Johar mencapai 1.000 ton per hari. Namun, selama beberapa hari terakhir ini, pasokannya tidak sampai 200 ton.

Menurut dia, minimnya pasokan ke Pasar Beras Johar itu mengakibatkan kenaikan harga. Rata-rata kenaikan harganya mencapai Rp200 per kilogram.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang, Asep Hazar menyebutkan kalau di beberapa daerah di Karawang kini sudah panen padi. Namun, masa panennya tidak sekaligus atau tidak bersamaan.

Daerah di Karawang yang areal sawahnya sudah panen di antaranya Kecamatan Jayakerta, Tempuran, Rengasdengklok, Cilebar, Majalaya, Karawang Barat, Pakisjaya dan Karawang Timur.

Gegara panen padi yang tidak serentak, pasokan beras ke Pasar Johar Kabupaten Karawang berkurang. Alhasil harga beras merangkak naik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News