Sandiaga Uno Dorong UMKM Bikin E-Katalog Pasarkan Produk Dalam Negeri

Minggu, 22 Januari 2023 – 18:18 WIB
Sandiaga Uno Dorong UMKM Bikin E-Katalog Pasarkan Produk Dalam Negeri - JPNN.com Jabar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkoparekraf) Sandiaga Uno didampingi Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Ibrahim M Bafaqih dalam kegiatan 'Pesta Wirausaha Nasional’ di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, pada Minggu (22/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menkoparekraf) Sandiaga Uno mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) agar segera mendaftarkan produknya ke e-katalog milik pemerintah.  

Hal ini supaya produk dalam negeri bisa bersaing dengan luar negeri, khususnya impor dari Cina.

Pernyataan itu disampaikan Sandiaga Uno saat menjadi pembicara dalam acara ‘Pesta Wirausaha Nasional’ di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, pada Minggu (22/1).

“Untuk para UMKM, segera daftarkan usahanya karena komunitas seperti Tangan Di Atas (TDA) memiliki perjuangan dan semangat yang sama untuk meningkatkan kualitas dan kelas UMKM kita,” kata Sandiaga.

Menurutnya, UMKM ini memiliki kontribusi yang besar dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu peningkatan ekonomi.

“Oleh karena itu, pemerintah akan berpihak, memberikan ruang, dan saya akan berjuang untuk berada di tengah para UMKM memberikan solusi dan motivasi,” ucapnya.

Menurut Sandiaga, para pelaku UMKM jangan takut untuk bersaing dengan produk impor. Secara kualitas, produk UMKM Indonesia tak kalah bagus dari produk luar negeri.

“Dengan Gerakan Nasional Bangga Buata Indonesia, sekarang tidak perlu khwatir UMKM kita tidak bisa bersaing dengan produk impor, karena jika didaftarkan di katalog elektronik atau e-katalog, baik itu lokal, nasional, atau sektoral, maka wajib hukumnya dari pemerintah untuk membeli produk-produk UMKM walaupun harganya lebih tinggi dari produk serupa dari luar negeri,” jelasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong para pelaku UMKM agar segera bergabung dengan komunitas dan mendaftarkan produknya ke e-katalog milik pemerintah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News