Rakornas Kepala Daerah Se-Indonesia Fokus Bahas Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

Selasa, 17 Januari 2023 – 15:50 WIB
Rakornas Kepala Daerah Se-Indonesia Fokus Bahas Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi - JPNN.com Jabar
Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah se-Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI membahas pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

"Tema Rakornas ini pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, akan terbagi dalam empat panel setelah arahan bapak (Presiden Jokowi)," kata Mendagri Tito Karnavian saat membuka Rakornas di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Selasa (17/1).

Dia menjelaskan, panel pertama yaitu pembahasan seputar masalah di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yakni pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Para pembicara yaitu Menko Perekonomian, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, dan Kepala Badan Pangan Nasional.

Panel kedua, yaitu mengenai penguatan investasi dan perizinan berusaha dengan pembicara utama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi yang hadir secara daring dari Swiss.

Kemudian, Menteri Investasi juga hadir secara daring. Pembicara lain adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Menteri Agraria.

Kemudian, panel ketiga membahas penanganan Covid-19, stunting, kemiskinan dan jaring pengaman sosial dengan pembicara utama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, serta Menteri Ketenagakerjaan.

"Arahan khusus dari bapak Presiden untuk menghadirkan Bupati Sumedang terutama tentang best practice mengenai stunting dan satu lagi juga arahan bapak Presiden untuk diberikan waktu yaitu Prof Yohanes Surya, Ahli Fisika dan Matematika Pendidikan tentang best practice bidang pendidikan yaitu bahagia belajar siswa cepat pintar yang sifatnya sangat aplikatif," papar Tito.

Pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi jadi dua topik pembahasan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah se-Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News