Sambut Tahun Baru Imlek, Sejumlah Patung Dewa & Dewi di Vihara Dhanagun Mulai Dibersihkan

Senin, 16 Januari 2023 – 20:55 WIB
Sambut Tahun Baru Imlek, Sejumlah Patung Dewa & Dewi di Vihara Dhanagun Mulai Dibersihkan - JPNN.com Jabar
Warga keturunan etnis Tionghoa membersihkan rupang atau patung dewa di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (16/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Jelang perayaan Imlek, warga Tionghoa mulai membersihkan patung dewa di Vihara Dhanagun, di Jalan Suryakencana, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Senin (16/1).

Pembersihan patung dewa tersebut dilakukan setiap satu tahun sekali dan menjadi kegiatan sakral jelang tahun baru Imlek.

Pengurus Harian Vihara Dhanagun, Ayung Kusuma mengatakan membersihkan patung dewa merupakan salah satu usaha dengan harapan mendapat berkah, kesehatan dan keselamatan dalam kehidupan di tahun mendatang.

Selain itu, dalam ritual memandikan patung dewa dan dewi memiliki tanggal khusus tersendiri dan tak bisa dilakukan secara sembarang.

Tak hanya itu, pada malam sebelumnya juga dilakukan sembahyang terlebih dahulu.

Dia menyebut ritual khusus tersebut bertujuan mengantar dewa dewi yang ada di dalam setiap patung menuju langit.

Di mana dewa dewi yang berada di langit itu nantinya akan melaporkan keadaan dunia.

“Kami meyakini dewa dewi sudah naik ke langit, saat itu barulah kami bersihkan patung atau rupang, karena kondisi patungnya sedang kosong,” jelasnya.

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek warga Tionghoa mulai membersihkan patung dewa di Vihara Dhanagun, Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News