Gempa Bumi Berkekuatan 5,0 Magnitudo Mengguncang Bogor, BMKG Beberkan Penyebabnya

Minggu, 15 Januari 2023 – 13:15 WIB
Gempa Bumi Berkekuatan 5,0 Magnitudo Mengguncang Bogor, BMKG Beberkan Penyebabnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 03.32 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan bahwa episenter gempa bumi yang mengguncang Bogor terletak pada koordinat 6,52° LS ; 106,58° BT dengan kedalaman 146 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah yang disebabkan adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia," ucap Daryono dalam keterangan resminya, Minggu (15/1).

Daryono menjelaskan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang Bogor memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Untuk dampak yang terjadi, dirinya mengungkapkan dari estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Cikeusik, Bogor dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Daerah Jasinga, Bogor dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” terangnya.

Gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 03.32 WIB. BMKG sebut tidak berpotensi tsunami.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News