DPRD Jabar Imbau Polemik Anggaran Masjid Al Jabbar Dihentikan

Sabtu, 07 Januari 2023 – 16:50 WIB
DPRD Jabar Imbau Polemik Anggaran Masjid Al Jabbar Dihentikan - JPNN.com Jabar
Situasi di pelataran Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung yang dipenuhi para pengunjung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) meminta polemik anggaran Masjid Raya Al Jabbar sebesar Rp 1 triliun diakhiri, dan semua pihak fokus memakmurkan masjid tersebut.

Anggota komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya alias Gus Ahad mengatakan, Masjid Raya Al Jabbar adalah hasil kerja banyak pihak. Oleh karena itu, sudah sejatinya masyarakat tidak mempersoalkan kembali masalah anggaran, yang sudah selesai pembahasannya jauh sebelum masjid itu dibangun.

"Seharusnya kita tidak lagi bicara kebelakang, tapi bagaimana memakmurkannya. Jadi, harus memikirkan kesana seperti (rencana) belanja-belanja, dan (nilai) pemeliharaannya berapa," ucap Hadi dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Sabtu (7/1).

Dia menyebut, rencana dan anggaran pembangunan Masjid Al Jabbar telah disepakati bersama pada saat kepemimpinan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan DPRD.

"Sehingga, ini merupakan sebuah kesepakatan kalau berbicara politik kami di dewan dan orang-orang politik sudah memutuskan dan kemudian direalisasikan," tuturnya.

Gus Ahad sendiri mengetahui proses pembangunan Al Jabbar karena sudah duduk di DPRD Jabar sejak 2013. Menurutnya, meski dicetuskan oleh Ahmad Heryawan saat itu, tetapi pihaknya juga menerima aspirasi dari elemen masyarakat.

"DPRD kan lembaga menerima aspirasi, jadi kami dengarkan aspirasi dari semua masyarakat, kami tanya, butuh gak ini, iya butuh karena selama ini kita nebeng Masjid Agung Bandung. Terus berada di tengah kota dan tidak bisa dikembangkan kemana," jelasnya.

Menurutnya, proses penganggaran saat itu sangat dinamis bahkan membutuhkan waktu cukup panjang hingga muncul kesepakatan.

Anggota komisi V DPRD Jabar, Abdul Hadi Wijaya sebut bahwa anggaran pembangunan masjid Al Jabar sudah clear, dan dia ajak masyarakat makmurkan masjid itu
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News