PUPR Depok Minta Warga Waspada Akan Ancaman Bencana Alam Akibat Cuaca Ekstrem

Kamis, 29 Desember 2022 – 18:55 WIB
PUPR Depok Minta Warga Waspada Akan Ancaman Bencana Alam Akibat Cuaca Ekstrem - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir dan potensi keretakan tanah yang dapat mengakibatkan longsor akibat cuaca ekstrem berdasarkan peringatan dini dari BMKG.

Kepala PUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti meminta masyarakat untuk segera melaporkan jika ada potensi banjir ataupun longsor di wilayahnya.

"Laporan bisa ditujukkan ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor Km 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR atau di nomor 082311835135. Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” ujarnya, Rabu (28/12/22).

Citra mengatakan imbauan ini merupakan langkah antisipasi agar bencana longsor atau banjir bisa langsung ditangani, sehingga tidak mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.

Dirinya juga meminta masyarakat agar menjaga lingkungan, karena faktor terbesar yang menyumbat saluran air adalah sampah.

“Faktor paling besar yang menyumbat kali adalah sampah yang sengaja dibuang di saluran air. Hal itu yang sampai saat ini terus kami dorong agar masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan,” tuturnya.

Citra pun mengimbau masyarakat untuk tidak membuat bangunan di sekitar Garis Sempadan Sungai (GSS), lantaran hal tersebut bisa berdampak pada ambrolnya turap yang telah dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

"Untuk itu, warga jangan mendirikan bangunan di jalur GSS. Selain merugikan kami jika terjadi longsor, warga yang melanggar GSS tidak akan dapat ganti rugi karena bangunan sudah menyalahi aturan,” pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianti mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap banjir dan longsor berdasarkan peringatan dini cuaca dari BMKG

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News