Eka Santosa Harapkan Ketua KONI Jabar Baru Harus Berasal dari Dunia Olahraga

Rabu, 21 Desember 2022 – 20:07 WIB
Eka Santosa Harapkan Ketua KONI Jabar Baru Harus Berasal dari Dunia Olahraga - JPNN.com Jabar
Mantan Ketua KONI Jawa Barat, Eka Santosa. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemilihan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat periode 2022-2026 harus menjadi titik balik kembalinya marwah organisasi tersebut. Sebab, orang nomor satu di induk olahraga itu harus sosok yang benar-benar mengerti dan menggeluti pembinaan atlet.

Demikian disampaikan mantan ketua KONI Jawa Barat, Eka Santosa menyikapi akan digelarnya musyawarah olahraga provinsi (musorprov) KONI Jawa Barat pada 22-23 Desember di Bandung.

"Pihak yang tidak berkompeten di olahraga, minggir saja. Ngapain pengacara, lalu ada markus (makelar kasus). Jangan begitu," kata Eka dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (21/12).

Eka menyebut, saat ini marwah KONI harus dikembalikan sebagai organisasi yang fokus pada pembinaan atlet, bukan ikut serta dalam pembangunan fisik seperti gedung dan lainnya. Menurutnya, hal ini penting agar pengurus fokus pembinaan atlet berdampak baik terhadap prestasi.

Sebagai mantan ketua KONI Jawa Barat pada 2002 silam, Eka merasa khawatir dengan kondisi saat ini karena pengurus KONI terlibat dalam pembangunan fisik sehingga kurang fokus dalam pembinaan atlet.

"Kita rindu atlet-atlet Jawa Barat yang ikut mengharumkan nama bangsa," kata dia.

Menurutnya, pembangunan sarana olahraga merupakan tugas pemerintah, bukan tugas daripada KONI. Tugas KONI sejatinya membentuk dan menciptakan atlet berbakat yang dapat mengharumkan nama Jawa Barat dan Indonesia.

"Biarkan itu tugas pemerintah, KONI fokus membina atlet saja. Kalau ada kebutuhan sarana, lapor ke dispora (dinas pemuda dan olahraga)," katanya.

Mantan Ketua KONI Jawa Barat, Eka Santosa meminta kepengurusan KONI Jabar yang baru harus benar-benar mengerti akan dunia olahraga dan pembinaan atlet.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News