Produksi Padi Kabupaten Karawang Capai 1,3 Juta Ton Per Tahun

Kamis, 15 Desember 2022 – 16:50 WIB
Produksi Padi Kabupaten Karawang Capai 1,3 Juta Ton Per Tahun - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pada dan beras. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyebutkan produksi padi di Karawang selalu melimpah dan surplus dengan rata-rata mencapai 1,3 juta ton setiap tahun.

"Dengan luas areal persawahan di Karawang mencapai sekitar 95 ribu hektare," katanya, Kamis (15/12).

Menurut dia, dengan kondisi dua kali tanam dalam setahun, maka luas panen di Karawang mencapai 190.000 hektare. 

Dengan rata-rata produksi padi sebanyak 7-8 ton per hektare, maka total produksi dalam setahun mencapai 1,3 juta ton.

Sementara itu, dari rata-rata produksi sebanyak 1,3 juta ton setiap tahun itu, jika dikonversi ke beras, maka mencapai sekitar 800 ribu ton beras.

Kebutuhan beras masyarakat Karawang yang berjumlah sekitar 2,6 juta jiwa sekitar 500 ribu ton per tahun, sehingga masih ada surplus sekitar 300 ribu ton beras.

"Surplus beras yang diproduksi di Karawang itu selanjutnya menjadi cadangan Bulog dan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Bupati menyebutkan Pemkab Karawang berkomitmen menjadikan sektor pertanian sebagai potensi yang akan terus dikembangkan.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyambut baik tren prositif produksi padi di daerahnya yang setiap tahun selalu melimpah hingga surplus.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News