Musik Dangdut Siap Menjadi Warisan Budaya Tak Benda, Sandiaga Uno Temui Rhoma Irama

Rabu, 07 Desember 2022 – 22:10 WIB
Musik Dangdut Siap Menjadi Warisan Budaya Tak Benda, Sandiaga Uno Temui Rhoma Irama - JPNN.com Jabar
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan raja dangdut Rhoma Irama, di Soneta Record yang berlokasi di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, pada Rabu (7/12). Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu dengan raja dangdut Rhoma Irama, di Soneta Record yang berlokasi di Kecamatan Cilodong, Kota Depok, pada Rabu (7/12).

Sandiaga Uno menyebut pertemuannya kali ini untuk membas musik dangdut yang akan diajukan sebagai warisan budaya tak benda.

"Kami dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang mengajukan dangdut sebagai warisan budaya tak benda, itu sedang kami siapkan dokumentasinya, pengajuannya dan kerja sama antara kementerian dengan lembaga lainnya," ucap Sandiaga di Soneta Record, Rabu (7/12).

Hal itu dilakukan lantaran Rhoma Irama merupakan salah satu tokoh di belakang musik dangdut yang menjadi kebanggaan dan identitas bangsa Indonesia.

"Kami ingin mengajukan ini agar segera tercatat dan supaya nanti tidak diklaim oleh negara lain. Saya tidak ingin bersuudzon tetapi ini harus kami lakukan," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan karena musik ini universal sehingga perlu diajukan agar mendapatkan pengakuan.

"Jika musik dangdut diajukan sebagai warisan budaya tak benda, maka akan mendapatkan pengakuan dan menjadi kebanggan kita sebagai warga negara Indonesia," pungkasnya. (mcr19/jpnn)

Menparekraf Sandiaga Uno berencana akan ajukan musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda. Atas hal itu dirinya datangi raja dangdut Rhoma Irama.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News