Kena PHK Karena Pandemi, Begini Kisah Pilu Ade Sebagai Tukang Fotokopi Keliling di Kota Depok

Minggu, 04 Desember 2022 – 13:00 WIB
Kena PHK Karena Pandemi, Begini Kisah Pilu Ade Sebagai Tukang Fotokopi Keliling di Kota Depok - JPNN.com Jabar
Tukang fotokopi keliling di Depok yang viral di media sosial, Ade. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Ade (48) merupakan tukang fotokopi keliling yang sempat viral di jagat maya, lantaran keunikannya menjadi tukang fotokopi dengan menggunakan sepeda motor untuk berkeliling.

Jika biasanya tukang fotokopi membuka lapak di ruko, pria yang tinggal di Cijantung, Jakarta Timur ini memodifikasi motornya untuk membawa mesin printer dan alat tulis kantor (ATK) yang dijualnya.

Ade bercerita bahwa profesi sebagai tukang fotokopi keliling ini sudah dirinya tekuni sejak awal 2022. Hal ini dirinya lakukan agar tetap bisa menafkahi istri dan kedua anaknya.

Tidak bisa dipungkiri, Ade yang dahulunya seorang teknisi di salah satu pabrik terdampak imbas pandemi Covid-19 sehingga terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Saya dulunya teknisi di pabrik, karena kena imbas pandemi dua tahun saya tidak bekerja. Akhirnya saya berpikir apa yang bisa saya kerjakana untuk menafkahi keluarga, kemudian saya mencoba usaha ini,” ucap Ade, Minggu (4/12).

Karena kakak iparnya bekerja di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan dan memiliki banyak printer di perusahaannya, Ade memberanikan diri untuk meminjamnya demi mencukupi kehidupan keluarganya.

“Awalnya saya pinjam printer sama kakak ipar saya, pokoknya gimana caranya itu printer saya letakan di motor dan bisa beroperasi,” ujar bapak dua anak ini.

Sebelum berkeliling ke Depok, awalnya Ade menogkrong di wilayah rumah sakit dekat tempat tinggalnya di daerah Cijantung. Karena banyak yang menyarankan untuk mencoba peruntukan ke Depok, akhirnya Ade pun mencobanya.

Kisah pilu perjuangan eks teknisi pabrik bernama Ade yang menjadi korban PHK gegara pandemi Covid-19. Kini Ade berprofesi sebagai tukang fotokopi keliling.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News