250 Siswi SMA di Jawa Barat Berpartisipasi dalam Global 'AWS Girls’ Tech Day

Kamis, 01 Desember 2022 – 20:25 WIB
250 Siswi SMA di Jawa Barat Berpartisipasi dalam Global 'AWS Girls’ Tech Day - JPNN.com Jabar
250 Siswi SMA di Jawa Barat Berpartisipasi dalam Global 'AWS Girls’ Tech Day. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Riset LinkedIn Jobs on the Rise tahun 2022 menunjukkan Data Scientist Specialists dan Machine Learning Engineers, merupakan dua pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat selama lima tahun terakhir di Indonesia, dan diproyeksikan akan terus tumbuh di masa depan.

Namun, studi ini juga menyoroti rendahnya tingkat partisipasi perempuan di dua pekerjaan bidang teknologi tersebut. Sepanjang tahun 2021, hanya 33,3 persen perempuan yang dipekerjakan sebagai Data Scientist Specialists dan hanya 27,8% sebagai Machine Learning Engineers.

Dengan misi untuk mengurangi kesenjangan gender di dunia kerja teknologi, Amazon Web Services (AWS) InCommunities menginisiasi 'AWS Girls’ Tech Day.

Program tersebut merupakan sebuah prakarsa global untuk edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) bagi anak perempuan dan perempuan muda.

Dihadirkan perdana di Indonesia pada 19 dan 26 November lalu bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), sebuah lembaga nirlaba yang fokus mempersiapkan generasi muda untuk bekerja, program ini mengedukasi, menginspirasi, dan memberdayakan 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk membangun minat dan karier di bidang teknologi.

Sejak diinisiasi secara global pada tahun 2018, 'AWS Girls’ Tech Day telah memberikan dampak bagi lebih dari 7.000 perempuan berusia 8-24 tahun dari 12 negara di seluruh dunia.

Hadirnya program inovatif ini di Indonesia diharapkan dapat membantu menyediakan akses dan kesempatan yang setara terhadap pendidikan STEAM bagi mereka yang selama ini kurang terwakili dalam bidang studi tersebut.

Selain itu, program ini juga merupakan wujud komitmen AWS untuk mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi di Indonesia.

Global 'AWS Girls’ Tech Day wujud komitmen mendukung lahirnya generasi pemikir kreatif dan pemimpin perempuan masa depan di bidang teknologi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News