Datang ke Cianjur, Ace Hasan Soroti Permasalahan Distribusi Bantuan

Jumat, 25 November 2022 – 21:10 WIB
Datang ke Cianjur, Ace Hasan Soroti Permasalahan Distribusi Bantuan - JPNN.com Jabar
Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menyoroti tersendatnya distribusi bantuan bagi korban gempa bumi di Cianjur. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Tubagus Ace Hasan Syadzily mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penanganan gempa di Cianjur.

Meski begitu, Ketua DPD Golkar Jawa Barat itu menyoroti sejumlah hal yang masih memerlukan perbaikan. Di antaranya, soal tersendatnya distribusi bantuan ke sejumlah tempat pengungsian.

“Kami temukan masih banyak pengungsi akibat bencana ini yang masih gamang terutama yang ada di tenda-tenda darurat, sepertinya mereka membutuhkan kerja lebih cepat lagi dari BNPB agar bantuan bisa segera sampai ke mereka,” kata Ace saat melakukan rapat terbuka di Pendopo Pemkab Cianjur, Jum’at (25/11).

Didampingi sejumlah anggota Komisi VIII DPR RI lainnya seperti Diah Pitaloka (PDIP), KH. Maman Imanul Haq (PKB), Kang Ace memberikan apresiasi dan dukungan kepada BPNB, Tim SAR dan seluruh pihak yang telah bekerja siang dan malam.

“Kini masyarakat terdampak membutuhkan uluran kita semua. Saya tadi melihat di beberapa pos pengungsian ada tenda yang panas sekali. Ada juga soal keluhan tentang toilet umum yang masih harus menjadi prioritas,” ujar Ace.

Lebih lanjut, kata Ace, para pengungsi dipastikan akan mengungsi cukup lama hingga bisa menempati rumah baru. Oleh karena itu, sejatinya tempat pengungsian musti layak dan nyaman bagi para pengungsi.

“Mereka di tempat pengungsian darurat tentu tidak akan berlangsung satu minggu dua minggu. Sementara pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak bencana tidak bisa sim salabim,” kata Ace.

Ace mencontohkan, pengalaman waktu bencana Palu, Pemerintah membutuhkan perrsiapan dan perencanaan yang matang dalam menangani bencana ini.

Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menyoroti tersendatnya distribusi bantuan bagi korban gempa bumi di Cianjur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News