1.500 Pohon di Depok Diberi Barcode, Ini Fungsi dan Tujuannya

Selasa, 22 November 2022 – 14:50 WIB
1.500 Pohon di Depok Diberi Barcode, Ini Fungsi dan Tujuannya - JPNN.com Jabar
Pemberian barcode pada pohon di Jalan Juanda, Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memasang barcode pada pohon di Jalan Margonda Raya dan Jalan Juanda.

Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Indra Kusuma mengatakan pemasangan barcode tersebut dilakukan sebagai pendataan terhadap pohon yang ada.

“Sudah sepekan kami melakukan pemasangan barcode untuk pohon yang berada di Jalan Margonda dan Juanda. Ini kami lakukan untuk pendataan jumlah pohon yang ada di Kota Depok,” ucap Indra, Selasa (22/11).

Dirinya mengatakan selain untuk mendata pohon yang ada di lokasi tersebut, pemberian barcode juga dilakukan sebagai edukasi kepada masyarakat

“Kami sudah pasang barcode di 1.500 pohon. Tujuanya adalah saat masyarakat scan barcode ini akan ada informasi tentan pohon tersebut. Seperti nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon dan kode pohon untuk pendataan,” jelasnya.

Dengan pemberian barcode tersebut, dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik sebagai sarana edukasi.

"Karena pohon merupakan suatu pondasi alam yang menyediakan dan mengendalikan berbagai kebutuhan manusia, seperti menjaga kualitas udara agar tetap baik ketika dihirup oleh manusia dan menjaga air dalam tanah," jelasnya.

Indra juga mengajak agar masyarakat bisa menjaga dan melestarikan lingkungan, melalui menjaga pohon.

DLHK Kota Depok memasang 1.500 barcode pada pohon yang berada di Jalan Margonda Raya dan Juanda, yang bertujuan sebagai pendataan dan sarana edukasi warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News