Menyelisik Potensi Kopi Asli Kabupaten Bogor

Senin, 14 November 2022 – 20:20 WIB
Menyelisik Potensi Kopi Asli Kabupaten Bogor - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menyambangi ladang kopi robusta di Kecamatan Sukamakmur. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor tengah berupaya mempopulerkan biji kopi asli daerahnya melalui "Festival Kopi Bogor" di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor yang berlangsung selam tiga hari berturut-turut.

Pelaksana Tugas Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan "Festival Kopi Bogor" tersebut sebagai sarana mengangkat harkat dan martabat kopi asli Kabupaten Bogor.

Dia mengungkapkan Kabupaten Bogor memiliki potensi tinggi dalam komoditas kopi. Kabupaten Bogor bahkan menjadi daerah penghasil kopi jenis robusta terbesar di Provinsi Jawa Barat.

"Festival Kopi Bogor 2022 ini bertujuan untuk memperkenalkan kopi Bogor yang memiliki kualitas sangat baik dan bisa bersaing dengan kopi-kopi lain di Indonesia," ujarnya, Senin (14/11).

Iwan menerangkan bahwa pada Festival Kopi Bogor 2022, Pemkab Bogor mengundang sejumlah insan kopi di Bogor, mulai dari petani, hingga peracik kopi, untuk memamerkan produk-produk kopi mereka.

"Kami kumpulkan produsen-produsen kopi di Bogor. Kopi ini bisnis yang potensial, untuk para petani dan anak-anak muda yang hobi meracik kopi sekaligus membuat kopi signature," katanya.

Iwan mengungkapkan, di Kabupaten Bogor terdapat sekitar 6.089 hektare perkebunan kopi robusta rakyat yang dikelola oleh 28.935 petani dan mampu memproduksi 4.150 ton biji kopi pada 2021.

Dari ribuan hektare perkebunan kopi itu, sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Sukamakmur, sehingga Pemkab Bogor berupaya mendorong wilayah tersebut sebagai sentra kopi di Bumi Tegar Beriman.

Festival Kopi Bogor jadi ajang unjuk gigi kopi lokal asli Kabupaten Bogor. Salah satunya kopi jenis robusta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News