ULBI dan PT Pos Indonesia Fasilitasi Gratis UKM Jawa Barat

Minggu, 13 November 2022 – 16:16 WIB
ULBI dan PT Pos Indonesia Fasilitasi Gratis UKM Jawa Barat - JPNN.com Jabar
ULBI dan PT Pos Indonesia Fasilitasi Gratis UKM Jawa Barat. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) dan PT Pos Indonesia kolaborasi dengan Yayasan BIG Indonesia menggelar acara 'Fasilitasi Gratis untuk UKM Jawa Barat' di Auditorium ULBI, Kota Bandung, Minggu (13/11). 

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada usaha kecil dan menengah (UKM), agar bisa mendapatkan sertifikasi halal dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) . 

Acara tersebut mengundang pembicara dari instansi dan praktisi, diantaranya Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana atau Ana, Founder BIG Indonesia Dwi Andayani, Praktisi ekspor impor Wisnu Effendi dan Rulit Candra.

Kemudian, auditor halal Ratni Ernita, Fasda Jawa Barat Hartoyo, serta Ammar Zoni dari PT. Halal Ekspor Indonesia (HEI). 

Ana mengatakan, acara ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait kebijakan seluruh produk olahan pangan harus bersertifikasi halal sampai 17 Oktober tahun 2024. 

“Para pelaku UKM harus diarahkan mau pengajuan sertifikasi halal melalui program self-declare. Self declare merupakan proses sertifikasi halal yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal sebagaimana diamanatkan undang-undang. Tujuannya, untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UKM untuk mengurus sertifikat halal,” kata Ana dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com. 

Sementara itu, Ammar Zoni menjelaskan tentang HEI yang merupakan sebuah platform pengembangan UKM untuk siap ekspor dengan memberikan konten edukasi yang lengkap. 

Selain itu, HEI juga memberi pendampingan, akselerasi kesiapan, kapasitas dan akses hingga ekspor, serta agregasi yang memberikan layanan dan dukungan untuk mensinergikan produk dan pasar di destinasi ekspor. 

Dalam rangka mendukung dan menyukseskan program pemerintah soal target sertifikasi halal untuk olahan pangan, PT Pos Indonesia fasilitasi gratis UKM Jabar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News