Paviliun Indonesia COP27: Menjaga Bumi Butuh Semangat Kolaborasi dan Tindakan Berani

Minggu, 06 November 2022 – 23:00 WIB
Paviliun Indonesia COP27: Menjaga Bumi Butuh Semangat Kolaborasi dan Tindakan Berani - JPNN.com Jabar
Potret rangkaian kegiatan konferensi PBB soal Perubahan Iklim atau COP27, yang berlangsung di Kota Sharm El-Sheikh, Mesir. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dalam konferensi PBB Perubahan Iklim atau COP27 yang berlangsung di Kota Sharm El-Sheikh, Mesir, Indonesia menyuarakan berbagai aksi, strategi, inovasi dan capaiannya sebagai wujud nyata mencegah kenaikan suhu global.

Melalui soft diplomacy Paviliun Indonesia menampilkan kebijakan dan hasil nyata kerja sebelumnya, serta membuka jalan bagi ambisi iklim masa depan bersama-sama para pihak.

"Diperlukan tindakan multilateral, kolektif, dan terpadu sebagai satu-satunya cara mengatasi ancaman global yang sesungguhnya. Kita harus jaga bersama semangat kolaborasi di COP27," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (6/11).

Dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah telah berbagi tanggungjawab perubahan iklim dengan kalangan akademisi, bisnis, organisasi masyarakat sipil atau CSO, dan para pihak lainnya.

Namun, terkadang dalam aksi mitigasi dan adaptasi aksi iklim di lapangan mengalami keterbatasan serta tantangan mencakup dimensi politik dalam pengambilan keputusan, serta adanya perselisihan karena kepentingan prioritas sosial-ekonomi dan lingkungan.

"Terkadang ini menjadi paradoks, bentuk ketidaksesuaian dalam relevansi sosial, sehingga kurang efektifnya kebijakan menjadi tindakan. Untuk itu aksi bersama tentang perubahan iklim membutuhkan pemimpin untuk memandu aksi. Karenanya tema yang dipilih untuk Paviliun Indonesia adalah Stronger Climate Actions Together," ucap Siti Nurbaya.

"Stronger Climate Actions Together" merefleksikan misi dan berbagai hal yang diperjuangkan delegasi RI.

Tema ini sesuai dengan tujuan Nomor 13 Pembangunan Berkelanjutan (SDG), yang menyampaikan mandat bagi masyarakat global mengambil tindakan segera memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

Paviliun Indonesia COP27 di konferensi PBB menyuarakan berbagai aksi, strategi, inovasi dan capaiannya sebagai wujud nyata mencegah kenaikan suhu global.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News