Dear Bunda, Jangan Lupa Rutin Cek Kepadatan Tulang ya

Sabtu, 05 November 2022 – 20:20 WIB
Dear Bunda, Jangan Lupa Rutin Cek Kepadatan Tulang ya - JPNN.com Jabar
Salah satu pembicara memberi materinya dalam peringatan World Osteoporosis Day (WOD) di Kota Bandung, Sabtu(5/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pengapuran tulang atau osteoporosis tidak hanya menyerang usia lanjut saja. Individu di usia produktif pun cukup rentan terserang penyakit ini.

Product Manager PT Kalbe Farma Tbk dr Yulia Kowira menuturkan, pemeriksaan kesehatan untuk mengecek kepadatan tulang sejak dini penting dilakukan guna mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain pengecekan, menjaga asupan gizi serta berolahraga pun menjadi cara yang bisa dilakukan.

“Osteoporosis sebenarnya tidak bisa dihindari, tetapo bisa dicegah agar tidak terjadi osteoporosis. Kita bisa melakukan screening kepadatan tulang sejak dini, khususnya wanita umur 40 tahun ke atas boleh melakukan screening,” katanya seusai memperingati World Osteoporosis Day (WOD) di Kota Bandung, Sabtu(5/11).

Ia menjelaskan, osteoporosis adalah kondisi pengeroposan tulang dan ini merupakan salah satu penyakit berbahaya di masyarakat.

Sebab, tulang bersama dengan otot, ligamen dan sendi, berperan mendukung pergerakan tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, menulis, dan makan.

Katanya, asupan gizi seperti mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

“Kalsium bisa didapatkan oleh kita dari makanan, seperti ikan sarden, sayuran, susu, keju itu banyak mengandung kalsium. Tetaapi kalau mau yang simpel, sekarang ada suplemen kalsium,” tuturnya.

Penyakit osteoporosis tidak mengenal usia lansia saja, anak muda juga berpotensi terserang penyakit ini. Dokter beri penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News