Jalan Cadas Pangeran Rawan Longsor, Pengendara Harap Waspada!

Minggu, 30 Oktober 2022 – 20:20 WIB
Jalan Cadas Pangeran Rawan Longsor, Pengendara Harap Waspada! - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Foto: JPNN

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Polres Sumedang berkoordinasi dengan instansi terkait melakukan asesmen potensi tanah longsor di Jalan Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang, Jawa Barat untuk menentukan langkah mitigasi agar tidak ada lagi korban jika terjadi bencana di daerah itu.

"Kami berkoordinasi dengan BPBD dan Kementerian PU untuk dilakukan asesmen terhadap kondisi jalan dan tebing di sekitar Cadas Pangeran ini," kata Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, Minggu (30/10).

Dia menuturkan longsoran material batu sempat menimpa kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Sabtu (29/10).

Kepolisian dan petugas dari dinas terkait menangani material longsoran, kemudian melakukan kajian langkah antisipasi bahaya longsor di daerah itu.

"Upaya-upaya dan mitigasi terus kami lakukan sehingga jalur ini bisa dilewati dengan aman," katanya.

Dia menyampaikan setelah penanganan material longsoran, kawasan itu kembali normal dilewati kendaraan bermotor dari arah Sumedang menuju Bandung maupun sebaliknya.

"Kami sudah melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor dengan alat berat ekskavator dan dibantu dengan crane dari Ditsamapta Polda Jabar agar jalur di Cadas Pangeran ini bisa dilewati terlebih dahulu," kata dia.

Dia menyampaikan upaya lain ke depan untuk menghindari ancaman longsor di Cadas Pangeran salah satunya membuka Jalan Tol Cisumdawu sehingga bisa mengurangi beban di Jalan Cadas Pangeran.

Polres Sumedang terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi bencana longsor di di Jalan Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News