Khawatir Terjadi Bencana Susulan, Seribu Relawan Disiagakan BPBD Cianjur

Minggu, 09 Oktober 2022 – 17:55 WIB
Khawatir Terjadi Bencana Susulan, Seribu Relawan Disiagakan BPBD Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Foto: JPNN

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, terus mewaspadai bencana alam susulan yang dapat melanda sejumlah kecamatan di Cianjur dengan menyiagakan seribuan relawan di lokasi bencana.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan masih tingginya curah hujan membuat potensi terjadinya bencana alam susulan dapat terjadi setiap saat, seperti banjir yang melanda sebagian besar Kecamatan Cibeber, Sindangbarang dan Cidaun.

"Prakiraan cuaca dari BMKG hari ini, curah hujan dengan intensitas tinggi akan melanda sebagian besar wilayah Cianjur mulai dari wilayah utara hingga selatan, sehingga perlu diwaspadai karena sebagian besar wilayah Cianjur masuk dalam zona merah bencana," katanya, Minggu (9/10).

Tercatat selama dua hari terakhir, bencana alam banjir dan longsor melanda empat desa di Kecamatan Cibeber, banjir merendam puluhan rumah di tiga desa di Kecamatan Sindangbarang dan banjir juga merendam seratusan rumah di empat desa di Kecamatan Cidaun.

Di Kecamatan Cibeber, tutur Rudi, sebanyak 14 kepala keluarga dengan jumlah jiwa sebanyak 27 orang terpaksa mengungsi, empat unit rumah dilaporkan tertimbun longsor disertai pergerakan tanah dan 10 rumah lainnya mengalami rusak sedang dan ringan, sehingga untuk antisipasi warga diungsikan ke tempat aman.

"Untuk wilayah Cibeber karena intensitas hujan masih tinggi terutama saat petang, berpotensi terjadinya bencana alam susulan, ditambah pergerakan tanah terus meluas sehingga warga diimbau waspada dan segera mengungsi," katanya.

Sedangkan 35 kepala keluarga di empat desa di Kecamatan Cibeber yang sempat terendam banjir, tidak ada yang mengungsi, tetapi mereka diimbau untuk tetap waspada dan segera mengungsi ketika melihat air sungai kembali meluap.

"Termasuk seratusan lebih rumah yang terendam banjir di Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun tidak ada yang mengungsi, sejak Minggu pagi sudah mulai membersihkan rumahnya dari lumpur yang disisakan banjir, tetapi mereka tetap diminta waspada dan meninggikan barang di dalam rumah antisipasi banjir susulan," katanya. (antara/jpnn)

BPBD Cianjur terus mewaspadai bencana alam susulan yang dapat melanda sejumlah kecamatan di Cianjur dengan menyiagakan seribuan relawan di lokasi bencana.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News