Banjir dan Longsor Kepung Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi

Jumat, 07 Oktober 2022 – 21:45 WIB
Banjir dan Longsor Kepung Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Foto: JPNN

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Hujan deras yang turun sejak pagi hingga malam hari memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang tiga titik di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat (7/10).

"Informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI), bencana banjir dan longsor di Kampung Neglasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya saja tiga unit rumah terancam longsor," kata Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin, Jumat (7/10).

Menurut Ariel, adapun tiga titik bencana tersebut yakni banjir bandang yang mengikis tembok penahan tanah (TPT) bantaran Sungai Cibeber sepanjang 20 meter, dengan lebar tiga meter dan tinggi 5 meter dan mengakibatkan jalan lingkungan longsor dan mengancam tiga rumah.

Kemudian tidak jauh dari lokasi itu, tebing tanah tinggi 20 meter, lebar 5 meter dan panjang 10 meter longsor yang mengakibatkan material tanahnya menutupi aliran sungai yang dikhawatirkan menyumbat air sehingga bisa memicu terjadinya bencana banjir.

Hingga saat ini PMI bersama personel BPBD Kabupaten Sukabumi serta unsur relawan lainnya masih berada di lokasi, mengingat hujan dengan intensitas sedang masih turun yang berpotensi terjadinya bencana banjir dan longsor susulan.

"Kami masih memantau kondisi di lokasi bencana dan mengingatkan warga yang rumahnya berada tepat di atas lokasi longsor untuk sementara pindah ke tempat yang lebih aman. Kepada masyarakat kami mengimbau untuk selalu waspada," tambahnya.

Ariel mengatakan dalam membantu penanggulangan bencana maupun kesiapsiagaan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah peralatan pendukung mulai dari kendaraan taktis, ambulans dan lainnya serta menyiagakan relawannya 24 jam. (antara/jpnn)

Tingginya intensitas curah hujan di Kabupaten Sukabumi membuat sejumlah wilayah dilanda bencana banjir dan longsor, berikut daftar lokasinya.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News