Iwan Setiawan: Pengendalian Inflasi Harus Kompak dan Tepat Sasaran

Senin, 03 Oktober 2022 – 22:55 WIB
Iwan Setiawan: Pengendalian Inflasi Harus Kompak dan Tepat Sasaran - JPNN.com Jabar
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyerukan adanya upaya untuk melakukan pengendalian inflasi secara tepat sasaran kepada jajaran setelah adanya penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

"Intinya berkaca dari penanganan Covid-19 yang cukup berhasil di Indonesia, penanganan inflasi pun harus kompak, harus bersatu dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai ke tingkat desa," ungkapnya seusai rapat koordinasi, Senin (3/10).

Menurut dia Pemkab Bogor melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah telah menyusun strategi dalam mengelola anggaran yang dialokasikan untuk pengendalian inflasi di daerahnya.

Beberapa strategi yang disiapkan yaitu menyalurkan bantuan sosial kepada 1.000 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kemudian, menggelar operasi pasar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

"Selanjutnya, optimalisasi satgas pangan, percepatan realisasi APBD untuk Samisade, penyaluran bantuan dan insentif untuk RT, RW, guru madrasah, guru ngaji, guru diniyah, penyuluh agama, dan upaya lainnya," paparnya.

Dia menjelaskan kenaikan harga BBM dan pangan berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat karena berkaitan dengan kemampuan daya beli, terutama para pekerja dengan pendapatan harian.

Pemkab Bogor juga telah menyisihkan sebanyak dua persen Dana Transfer Umum (DTU) untuk pengendalian inflasi dampak perubahan harga BBM.

Dua persen DTU dengan nominal sekitar Rp14 miliar itu terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan ingin pengendalian inflasi dilakukan secara tepat sasaran dan kompak mulai dari tingkat desa hingga daerah.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News