Pemkot Bogor Siap Bertransisi Menuju Era Kendaraan Listrik

Jumat, 30 September 2022 – 17:45 WIB
Pemkot Bogor Siap Bertransisi Menuju Era Kendaraan Listrik - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya dan Manager PLN UP3 Bogor Irwanto Wahyu Kusumo melakukan test drive mobil listrik. Foto : Source for JPNN.com.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor siap mengkaji dan membuat aturan baru untuk mendukung pengurangan kendaraan berbahan dasar minyak (BBM) dan berganti menjadi kendaraan listrik.

Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Alma Wiranta mengatakan bahwa produk hukum bersifat melihat kebutuhan masyarakat.

“Contoh seperti konversi angkot ke bus ukuran sedang, ada penyesuaian aturan, tetapi untuk kendaraan listrik, belum ada kami harus melihat dulu seperti apa untuk mengkajinya. Yang jelas kami siap jika dibutuhkan," ucapnya.

Dirinya mengatakan sejauh ini Pemkot Bogor masih berpatokan pada instruksi pemerintah pusat terkait pengadaan untuk jajaran pemerintah.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (EV) sebagai kendaraan dinas pemerintah pusat dan daerah.

Pihaknya berencana akan membeli mobil dan motor listrik untuk kendaraan dinas wali kota, kepala dinas, serta jajaran dinas lain.

Dia menjelaskan perubahan aturan mengenai pengadaan dan operasional kendaraan listrik secara umum masih memerlukan kajian.

"Penyesuaian pasti ada, maka jika dibutuhkan seiring dengan perubahan yang dilakukan ke depan kami siap mengkaji jika diperlukan," katanya.

Pemerintah Kota Bogor akan melakukan penyesuaian untuk peralihan ke kendaraan listrik, sesuai dengan istruksi pemerintah pusat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News