Viral Gedung Merdeka Rusak, Komunitas Aleut: Jadikan Pembelajaran untuk Pengelola

Jumat, 23 September 2022 – 21:15 WIB
Viral Gedung Merdeka Rusak, Komunitas Aleut: Jadikan Pembelajaran untuk Pengelola - JPNN.com Jabar
Memalukan, Kondisi Gedung Merdeka Rusak dan Bocor. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pegiat Komunitas Aleut Ariono Wahyu Widjajadi turut angkat bicara soal renovasi Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Menuturnya, proses renovasi bangunan cagar budaya tidak bisa instan. Pasalnya, sebelum tahap renovasi, diperlukan adanya rekomendasi dari tim ahli cagar budaya.

Terlebih, kata Ariono, proses renovasi tidak boleh mengubah bentuk asli dari Gedung Merdeka, karena termasuk bangunan cagar budaya kategori A.

"Gedung Merdeka itu bangunan cagar budaya kategori A. Dan itu tidak sembarangan harus konsultasi dan diupayakan semirip mungkin," ucap Ariono, Jumat (23/9).

Lebih lanjut, Ariono menuturkan, soal viralnya video kerusakan Gedung Merdeka adalah hal wajar di era digital seperti saat ini.

Menurutnya, video tersebut adalah bentuk kepedulian masyarakat akan bangunan bersejarah. Terlebih, Gedung Merdeka merupakan tempat yang dijadikan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Konferensi Asia-Afrika.

"Memang yang menjadi ramai itu mungkin masyarakat menyayangkan kenap bangunan seperti ini kok bisa rusak," kata Ariono.

Ariono menambahkan, Gedung Merdeka yang dibangun sejak tahun 1921 dan saat ini sudah berusia 100 tahun.

Gedung Merdeka yang dibangun sejak tahun 1921. Viralnya kasus kerusakan Gedung Merdeka diharapkan jadi pembelajaran bagi pengelola agar lebih responsif.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News