Muhammad Farhan Ajak Semua Pihak Sudahi Polemik Effendi Simbolon dan TNI

Rabu, 14 September 2022 – 22:05 WIB
Muhammad Farhan Ajak Semua Pihak Sudahi Polemik Effendi Simbolon dan TNI - JPNN.com Jabar
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan. Foto : Dokumen Pribadi.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan mengajak semua pihak untuk menyudahi polemik sindiran keras Effendi Simbolon yang dinilai menyinggung wibawa TNI.

Menurut Farhan, masalah tersebut jangan sampai diprovokasi oleh pihak manapun. Terlebih, Effendi sudah melayangkan permohonan maaf secara terbuka atas pernyataannya.

"Sesama di Komisi 1, saya terkejut dengan pernyataan keras Pak Effendi kepada Panglima TNI dan KSAD. Bisa dikatakan pernyataan beliau bisa menimbulkan ketidak nyamanan dan ketidak sukaan kepada beberapa pihak," ujar Farhan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/9).

Meski memiliki pendapat keras, Farhan meyakini, seluruh anggota DPR RI menghormati lembaga TNI yang sangat dipercayai publik.

"Tetapi dengan berpegang teguh kepada aturan yang ada, apapun pernyataan seorang anggota DPR di sidang resmi dijamin konstitusi walaupun ada hak untuk tidak setuju dan tidak menyukai isi pernyataannya, bukan berarti hak berpendapat Pak Effendi melanggar hukum," ujarnya.

Farhan menilai beredarnya video sosok KSAD Jendral Dudung, agar hati - hati disikapi. Pasalnya, TNI merupakan lembaga Negara paling dipercaya versi survei.

"Menimbulkan rasa khawatir dalam diri saya, melihat respon para personel TNI yang dapat menimbulkan persepsi bahwa TNI bisa bertindak secara keras atas sebuah pernyataan seorang anggota DPR RI yang dijamin oleh konstitusi," katanya.

"Maka kami meminta Panglima Tertinggi TNI, Menhan RI, Panglima TNI serta 3 Kepala Staff Angkatan TNI menetralkan situasi demi kondusifitas bangsa dan mengembalikan TNI Sebagai angkatan bersenjata yang bisa melindungi setiap WNI, siapapun dia dan apapun yang dilakukannya atau dikatakannya," tambahnya.

Anggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan mengajak semua pihak untuk menyudahi polemik sindiran keras Effendi Simbolon, yang dinilai menyinggung wibawa TNI.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News