Pemkab Bogor Optimistis Sisa Anggaran Samisade Rp395 Miliar Bakal Terserap Habis

Selasa, 13 September 2022 – 18:10 WIB
Pemkab Bogor Optimistis Sisa Anggaran Samisade Rp395 Miliar Bakal Terserap Habis - JPNN.com Jabar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor optimistis anggaran Rp395 miliar untuk Program Satu Miliar Satu Desa atau Samisade akan terserap habis, meski hanya dalam waktu tiga bulan sebelum berganti tahun.

"Karena kami di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menilai secara pekerjaan teknis di lapangan itu bisa diselesaikan dalam waktu tiga bulan," ungkap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Teuku Mulya, Selasa (13/9).

Menurutnya penyerapan maksimal bantuan keuangan untuk infrastruktur desa ini perlu dukungan para kepala desa sebagai pengguna anggaran.

Mulya menyebutkan sejauh ini TAPD Kabupaten Bogor masih memiliki skenario pencairan Samisade dilakukan dalam dua tahap, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 69 tahun 2022 yang baru saja diterbitkan.

"Tetap dua tahap. Tetapi kami lihat juga nanti pelaksanaan tahap satu seperti apa. Kami berharap pemerintah desa dapat melaksanakannya dengan baik. Terserap maksimal dan pelaporan penggunaannya juga baik," kata Mulya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor KH Agus Salim mengakui sempat khawatir jika Program Samisade hanya terserap satu tahap atau hanya separuhnya dari alokasi yang telah disiapkan.

Namun dia tetap mendukung jika Pemkab Bogor optimistis Samisade Rp395 miliar dapat terserap maksimal.

Dia juga mengingatkan agar kepala desa tidak asal dalam menyerap dana Samisade.

Pemkab Bogor optimistis sisa anggaran Samisade Rp395 miliar bakal terserap habis dalam kurun waktu tiga bulan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News