Hamdalah, 69.390 Keluarga di Bandung Bakal Terima BLT BBM

Rabu, 07 September 2022 – 14:24 WIB
Hamdalah, 69.390 Keluarga di Bandung Bakal Terima BLT BBM - JPNN.com Jabar
Ilustrasi penerima BLT. Foto: Humas Kemensos

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung mencatat penerima jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) BBM di Kota Bandung mencapai 69.000 orang.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang mengacu pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan masih berpotensi bertambah.

“Jadi dinsos sekarang sedang melakukan koordinasi dengan pihak-pihak, dinsos provinsi lalu PT Pos dan bank penyalur untuk menghitung data valid penerima BLT BBM. Data masih fluktuatif dan data sementara penerima ada 69.390, namun masih dinamis belum valid,” kata Kepala Dinsos Kota Bandung Soni Bakhtiar dikonfirmasi, Rabu (7/9).

Menurut Soni, jumlah data tersebut masih kemungkinan bertambah. Di tengah proses validasi datam katanya Ia tengah mempersiapkan mekanisme penyaluran bantuan berkoordinasi dengan unsur kewilayahan.

Selain itu, pengawasan juga dilakukan selama proses penyaluran yang melibatkan petugas dinsos, komunitas dan lainnya.

Penerapan protokol kesehatan pun turut diperhatikan dalam penyaluran bantuan tersebut. Adapun tiap penerima bakal mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000 yang dibagi ke dalam dua tahap pembayaran.  

Soni menambahkan, penyaluran melalui PT Pos Indonesia tidak akan menggunakan sistem transfer. Namun penerima bantuan bakal diundang untuk selanjutnya mendapatkan QR untuk dibarter saat penyaluran.

“Kami tunggu data valid, penyiapan penyaluran disiapkan sekarang. Data droping dari Kemensos menggunakan data DTKS,” ucapnya.

Dinsos Bandung mencatat ada 69.390 orang yang bakal menerima BLT BBM. Penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu yang dibagi ke dalam dua tahap.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News