Tips Menghindari Virus Cacar Monyet Versi Dinkes Kota Depok

Selasa, 23 Agustus 2022 – 15:05 WIB
Tips Menghindari Virus Cacar Monyet Versi Dinkes Kota Depok - JPNN.com Jabar
Ilutsrasi cacar monyet atau monkey pox. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dua warga Kota Depok dikabarkan memiliki riwayat kontak erat dengan pasien monkeypox atau cacar monyet.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengatakan dua warga Depok itu memiliki riwayat kontak erat dengan salah satu pasien cacar monyet di DKI Jakarta.

Namun, hingga kini seluruhnya penanganannya dilakukan di pusat. Dengan demikian, Dinkes Kota Depok terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran cacar monyet.

“Sejak awal kami sudah lakukan sosialisasi, dan ketika ditemukan satu kasus di DKI Jakarta sosialisasinya kembali kami tingkatkan,” ucap Mary, Selasa (23/8).

Sosialisasi tersebut dilakukan pihaknya melalui website, dan media sosial agar masyarakat mengetahui gejala, penyebab, dan penyebarannya.

“Kami terus mengingatkan kepada masyarakat sesuai pesan dari Kemenkes agar warga tidak panik dengan informasi yang ada,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya juga meminta kepada warga untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Karena ini merupakan penyakit yang penularannya melalui kontak langsung, maka protokol kesehatan dan PHBS harus diterapkan,” kata Mary.

Mary Liziawati meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan PBHS untuk mencegah penularan cacar monyet di Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News