Pemkab Bekasi Sulap Eks Kantor Kecamatan Muaragembong Menjadi Destinasi Wisata

Selasa, 23 Agustus 2022 – 13:45 WIB
Pemkab Bekasi Sulap Eks Kantor Kecamatan Muaragembong Menjadi Destinasi Wisata - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meninjau persiapan pekerjaan penataan desa wisata di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi pada Sabtu (20/8/2022). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Bekas Kantor Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, yang berlokasi di Desa Pantai Mekar diubah menjadi fasilitas wisata melalui kegiatan penataan desa wisata untuk optimalisasi sektor pariwisata wilayah pesisir.

"Empat bulan kontrak kerja pembangunan terhitung awal September. Semoga akhir tahun ini sudah selesai dan tahun depan sudah bisa dinikmati wisatawan," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Selasa (23/8).

Dia mengatakan pekerjaan penataan desa wisata dilakukan oleh rekanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dengan nilai kontrak sebesar Rp4.462.865.050 yang bersumber dari dana hibah APBD Jawa Barat 2022.

Di areal seluas 5.700 meter persegi itu rencananya akan dibangun dengan konsep komplek plaza pariwisata berisi ruang resepsionis, restoran, hingga kios-kios pedagang lokal.

"Kios pedagang ini diperuntukkan bagi para pelaku UMKM setempat. Mereka menjual souvenir dan oleh-oleh khas Muaragembong seperti makanan olahan mangrove dan olahan hasil tangkapan nelayan," katanya.

Dani meyakini penataan wilayah tersebut akan berdampak pada kemajuan perekonomian warga sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kawasan hutan bakau serta panorama indah pantai di pesisir Kabupaten Bekasi itu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Citra Alam Bahari Desa Pantai Mekar, Darmansah Alam mengapresiasi pembangunan fasilitas wisata tersebut.

"Kami mendukung penuh rencana pembangunan tersebut. Mengenai program kerja Pokdarwis Citra Alam Bahari dalam mendukung pembangunan tersebut yaitu terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar bisa memaksimalkan potensi ekonomi yang ada di wilayah, semoga dengan ini bisa melahirkan para pemuda berjiwa enterpreneur," katanya.

Pemkab Bekasi sulap lahan eks Kantor Kecamatan Muaragembong, menjadi kawasan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian warga.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News