Indonesia 77 Tahun, Ridwan Kamil: Jadikan Momentum Kebangkitan Menuju Negara Adidaya

Rabu, 17 Agustus 2022 – 18:40 WIB
Indonesia 77 Tahun, Ridwan Kamil: Jadikan Momentum Kebangkitan Menuju Negara Adidaya - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8). Foto: Diskominfo Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi inspektur upacara, sementara yang bertindak sebagai Komandan Upacara Peringatan 17 Agustus, yaitu Kadislog Lanud Husein Sastranegara Letkol Kal Yulianto.

Menurut Ridwan Kamil, perayaan HUT RI ke-77 merupakan momentum penting dalam mencapai mimpi Indonesia menjadi negara adidaya di tahun 2045 dalam melawan berbagai tantangan yang ada.

“Mari kita jadikan perayaan kemerdekaan yang ke-77 ini sebagai momentum kebangkitan semangat untuk menghadapi beragam tantangan dalam membangun Indonesia yang lebih maju,” ujarnya.

Perayaan kemerdekaan Indonesia, sambung dia, bukan hanya sekadar perayaan saja. Tetapi juga momentum penting refleksi arti perjuangan para pendahulu yang sudah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Lebih penting lagi bagaimana kita mengisinya dengan sungguh-sungguh,” ucapnya.

Ia pun menegaskan, upacara ini jangan hanya dijadikan sebagai seremonial semata, melainkan untuk membangkitkan semangat bangsa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan.

“Perlu kita hayati bersama, upacara ini tidak hanya sekadar seremonial untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, melainkan bertujuan untuk membangkitkan semangat kebangsaan seluruh masyarkat yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila untuk membangun bangsa,” jelas dia.

Begini pesan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam sambutan upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Lapangan Gasibu, Kota Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News