Siap-siap, Pencemar Situ Ciburuy Bakal Disanksi Tegas Petugas

Minggu, 14 Agustus 2022 – 20:50 WIB
Siap-siap, Pencemar Situ Ciburuy Bakal Disanksi Tegas Petugas - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Situ Ciburuy yang sudah selesai direvitalisasi di Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (13/8/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menugaskan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Kepolisian dan TNI untuk mendisiplinkan pihak yang mencemari Situ Ciburuy, di Kabupaten Bandung Barat.

"Masih ada laporan pencemaran dari warga sekitar dan industri, sudah saya tugaskan DLH bersama kepolisian dan TNI untuk mendisiplinkan, saya beri waktu tiga bulan untuk edukasi," kata Ridwan Kamil dalam keterangan persnya, Minggu, (14/8).

Bila dalam waktu tiga bulan ke depan warga maupun industri masih mencemari situ, sambung Ridwan Kamil, pihaknya akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau sudah lewat tiga bulan masih saja mencemari, mohon maaf akan ada ketegasan hukum dari kami, karena apa yang sudah dilakukan ini harus dijaga dan kualitas air juga harus baik," kata Kang Emil.

Pada Sabtu (13/8), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Ciburuy yang sudah selesai direvitalisasi di Kabupaten Bandung Barat.

Kini, wajah baru destinasi wisata Situ Ciburuy secara keseluruhan tampak lebih cantik dan tertata rapi tanpa mengesampingkan fungsi air baku dan irigasi.

"Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kami fasilitasi. Ini hadiah buat warga KBB menambahi pusat-pusat pariwisata yang sudah luar biasa di KBB," ujar Ridwan Kamil.

Situ Ciburuy seluas 41 hektare mulai direvitalisasi Pemda Provinsi Jabar pada 2019 dengan total anggaran Rp32 miliar.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meminta DLH, Kepolisian dan TNI untuk menindak tegas pelaku pencemaran di Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News