Terungkap, Ini Sebab Kecelakaan Maut Mobil Pikap yang Menewaskan 8 Orang di Ciamis

Jumat, 12 Agustus 2022 – 22:36 WIB
Terungkap, Ini Sebab Kecelakaan Maut Mobil Pikap yang Menewaskan 8 Orang di Ciamis - JPNN.com Jabar
Evakuasi korban kecelakaan mobil pikap terjatuh ke dalam jurang sedalam 30 meter di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kabupaten Ciamis, Senin pagi (8/8). Foto: Humas Polda Jabar

jabar.jpnn.com, CIAMIS - Polres Ciamis telah merampungkan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan maut mobil pikap terbuka, yang terjun ke jurang sedalam 30 meter di wilayah hukumnya.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengungkapkan, salah satu penyebab kecelakaan yang menewaskan delapan orang tersebut, karena pengeraman yang tidak optimal saat melaju di jalan turunan.

"Pada dasarnya kesimpulan pengereman tidak bisa dilakukan secara optimal," kata Tony Prasetyo di Mapolres Ciamis, Jumat (12/8).

Tony menuturkan, Polres Ciamis sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dengan memintai keterangan sejumlah saksi dan juga memeriksa kondisi kelayakan kendaraan tersebut.

Selain itu, lanjut Tony, polisi dan petugas dari Dinas Perhubungan Ciamis telah melakukan pemeriksaan kondisi jalan, kendaraan, dan ketersediaan rambu-rambu di Jalan Sukamantri-Panjalu, Kabupaten Ciamis.

"Itu juga dikaitkan atau disebabkan dengan kontur jalan yang menurun," katanya.

Menurutnya, kondisi jalan yang menurun kemudian muatan penumpang yang terlalu banyak mempengaruhi proses pengereman menjadi tidak optimal.

"Salah satu faktor adalah muatan yang berlebih, sehingga itu juga menjadi penyebab pengereman tidak bisa dilakukan secara optimal," katanya.

Polres Ciamis telah merampungkan penyelidikan untuk mencari penyebab kecelakaan maut mobil pikap terbuka, yang menewaskan 8 orang. SImak penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News