Pemkab Bogor Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya

Senin, 25 Juli 2022 – 13:03 WIB
Pemkab Bogor Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya - JPNN.com Jabar
Kantor Bupati Bogor. Foto Ilustrasi: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya tahun 2022 dari Kementerian Pemberdaayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA) RI, yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

Dalam kegiatan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor Nurhayati.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengungkapkan, dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, salah satunya dengan menyatukan kekuatan untuk memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak.

Sebab, baginya anak memiliki empat hak dasar yang harus dipenuhi, yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, serta juga hak partisipasi.

"Pemenuhan hak-hak anak tersebut sifatnya sangat kompleks dan multi sektoral, sehingga komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial. Selain itu, anak juga hidup di dalam sebuah sistem yang tidak dapat dilepaskan darinya, baik itu keluarga, sekolah, masyarakat, bahkan kebijakan budaya dan waktu, sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi mereka," ucap I Gusti.

Dengan penghargaan yang diberikan, dirinya mengatakan bahwa ini bukan tujuan akhir dan hanya sebagai semangat untuk semakin maju.

I Gusti berharap, kepada daerah yang telah mendapatkan prestasi dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain, sehingga dapat maju bersama.

“Dengan penghargaan ini, semoga seluruh daerah dapat terus termotivasi, dan semakin fokus dalam pemenuhan perlindungan terhadap anak,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali meraih penghargaan kabupaten layak anak kategori Madya di momen perayaan Hari Anak Nasional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News