Pemkab Garut Verifikasi Data Warga untuk Penyaluran Dana Bantuan Bencana

Rabu, 20 Juli 2022 – 22:25 WIB
Pemkab Garut Verifikasi Data Warga untuk Penyaluran Dana Bantuan Bencana - JPNN.com Jabar
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Foto: ANTARA/Feri Purnama

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menurunkan tim untuk memverifikasi data rumah warga yang terdampak banjir bandang.

Nantinya, data tersebut akan dipakai sebagai dasar penyaluran bantuan dana dari pemerintah.

“Ada lima tim dari Perkim (Dinas Perumahan dan Permukiman) yang terus melakukan verifikasi dan validasi,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman pada keterangannya, Rabu (20/7).

Menurut Helmi, pihaknya mendata melalui kecamatan setempat yang kemudian datanya diserahkan ke BPBD.

“Usulan dari kecamatan dari desa, RT, RW, sudah masuk ke BPBD, dari BPBD kami minta Perkim untuk melakukan verifikasi dan validasi,” ujarnya.

Setelah Dinas Perumahan dan Permukiman Garut selesai melakukan verifikasi dan validasi data rumah warga yang terdampak banjir, Pemda akan menyalurkan bantuan dana senilai Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 per rumah kepada warga yang dinilai layak menerima bantuan dari pemerintah.

Helmi meminta petugas pemerintah di lapangan memastikan bantuan sampai pada warga yang memang layak menerima bantuan dari pemerintah.

“Siapa pun yang ditugaskan untuk membagikan uang ini agar tepat sasaran, kalau tidak nanti ada aparat hukum yang bertindak,” ucap Helmi.

Pemkab Garut menurunkan tim untuk memverifikasi data rumah warga yang terdampak banjir bandang untuk penyaluran dana bantuan bencana.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News