Gegara Ini Pemkab Bogor Ngotot Minta Tunda Operasional TPPAS Lulut-Nambo

Kamis, 14 Juli 2022 – 23:06 WIB
Gegara Ini Pemkab Bogor Ngotot Minta Tunda Operasional TPPAS Lulut-Nambo - JPNN.com Jabar
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor meminta kepada pemerintah provinsi agar tidak dulu mengoperasionalkan Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo, karena khawatir menjadi tempat sampah raksasa.

"Dari infrastruktur akses jalan hingga mesin-mesin pengolahan sampahnya pun belum siap. Jadi, kami akan bersurat ke gubernur agar TPPAS Nambo jangan dioperasikan dahulu," ungkap Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti, Kamis (14/7).

Menurutnya, belum siapnya mesin-masin pengolah sampah itu berpotensi menimbulkan tumpukan sampah dengan skala besar, karena TPPAS tersebut juga digunakan untuk membuang sampah dari beberapa daerah lain.

Dia mengaku akan segera menyampaikan ke Gubernur Ridwan Kamil melalui surat bahwa TPPAS yang berlokasi di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, itu belum layak dioperasikan.

"Jalan untuk angkutan sampahnya juga tidak memadai. Silakan lihat ke lapangan kondisinya seperti apa. Kalau dipaksakan, sama saja mempersilakan untuk buang sampah di Kabupaten Bogor. Karena kan ada Kota Bogor, Tangerang dan Depok juga yang akan menggunakan TPPAS itu," paparnya.

Endah menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bogor juga keberatan jika diwajibkan membayar tipping fee senilai Rp125 ribu per ton untuk membuang dan memproses sampah di TPPAS Lulut-Nambo.

"Awalnya kan memang bukan untuk regional. Tetapi untuk Kabupaten Bogor saja. Namun, akhirnya menjadi regional dan semua dibangun oleh provinsi. Tetapi saat ini keadaannya belum siap sama sekali," kata Endah.

TPPAS Lulut-Nambo direncanakan dioperasikan 40 persen dari kapasitas maksimum 1.800 ton pada tahun ini.

Dinilai belum siap secara infrastruktur dan peralatan, Pemkab Bogor minta Pemprov Jabar untuk menunda operasional TPPAS Lulut-Nambo.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News